CONTOH SIMULASI PEMBELAJARAN DARI PEMBUKA SAMPAI PENUTUP SERTA PEMBERIAN PENGUATAN

Membuka pelajaran

Guru : Assalamualaikum Wr. Wb
Murid : Waalikumsalam Wr. Wb
Guru : Selamat pagi anak-anak…
Murid : Selamat pagi juga bu…
Guru : Bagaimana kabar pagi ini?
Murid : Baik bu…
Guru : Apa hari ini ada yang tidak hadir?
Murid : Nihil bu..
Guru : Toni kamu kenapa? Ko’ lemes sekali? Tono sudah makan belum?
Toni : Belum bu… kan ibu saya sedang kerja di Jakarta jadi saya belum makan bu…
Guru : Ayo.. siapa diantara kalian yang membawa bekal dan ingin membagi dengan toni??? Toni ini ibu bawa roti toni makan dulu saja untuk mengisi perut, gimana ada yang bawa bekal tidak? Missal kita saling membantu dan menyayangi teman pasti kita juga akan di sayang allah.
Rahma : ini bu.. rahma bawa…
Guru : rahma mau membaginya dengan tonikan?
Rahma ; iya bu…
Guru : ya sudah.. nanti toni di kasih ea rahma…
Jadi sarapan pagi itu juga sangat penting anak-anak karena itu juga bisa membuat kita lebih konsentrasi dan mudah menerim pelajaran. Missal belum sarapan pasti kan banyak pikiran? Missal memikirkan makan dll.

Keterampilan Menjelaskan dan keterampilan bertanya

Guru : Baiklah anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang mengekspresikan karya seni musik. Jadi, harapannya nanti kalian semua setelah menerima materi ini, harus paham mengenai contoh dan jenis alat musik serta dapat membedakan sesuai dengan cara memainkannya, perbedaan antara alat musik yang satu dengan alat musik yang lain. Karena di Indonesia sangat kaya akan budaya dan memiliki banyak alat music dan bahasa yang bermacam-macam dan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.
Guru : Sekarang, sebelum kita terjun lebih dalam tentang Mengekspresikan karya seni musik dan terutama topic kita kali ini adalah alat music daerah dan mengindentifikasi alat music daerah, ibu akan menanyakan mengenai materi minggu kemarin tentang kesenian daerah.
Coba kamu di ingat-ingat, sebutkan contoh kesenian daerah di Jawa Tengah…
Marsya : sintren bu, dari Tegal…kuda lumping bu,,,
Guru : yup, apa lagi tina?
Tina : wayang kulit bu…
Guru : sip, yang lain…
Anang : kuda lumping bu,,,
Guru : bagus, semua nya pinter eah..
Guru : lha iya… ada yang tahu alat musik tradisional yang baru-baru ini diresmikan UNESCO sebagai warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia Indonesia?
ahsyanti: Angklung bu…
Guru : ya, pintar kamu ti…. jadi baru-baru ini angklung diresmikan UNESCO sebagai warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia Indonesia. Yang pastinya harus kita jaga, agar tidak “dicuri” negara lain lagi.
Murid : betuln bgt tu.. bu…
Guru : ya….
Tulis: contoh alat musik tradisional nusantara.
angklung, ini yang tadi kita bahas, dari Jawa Barat.
kulintang dari Sulawesi Utara.
rebanna dari Jawa.
sasando dari NTT.
Bonang Barung dari Jawa
Rebab dari Jawa Barat.
Terompet Reog dari Jawa Timur.
Sampek dari Kalimantan.
Dan masih banyak lagi alat musik tradisional dari nusantara…
Murid : bu pusing byk sekali…
Guru :ayo.. disini ada yang bisa memainkan salah satu jenis alat music di atas tidak?
Murid : ada bu’
azam : aisyah bisa bu diakan sering ikut lat kasidah di rumah ibu saya…
murid : cie,,,, suit suit,,,,
Guru :bagus sekali wah.. gmn yang lain bisa tidak? Gmn azam nich yang ibunya jago kasidah?
Jadi,, sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah sepatutnya kalian mengenal, menjaga, dan melestarikan warisan budaya ini, sebelum negara lain mengambil kekayaan alat musik tradisional kita. Jangan remehkan rebanna karena itu juga merupakan salah satu kekyaan kita.
Maka dari itu, ibu menugaskan kepada kalian untuk mencari macam-macam alat music daerah, gambar, disertai namanya masing-masing.
Murid : hmmmmmm…. siaplah bu….
Guru : nah gitu dong harus semangat….
Murid ; dikumpulkan kapan bu?
Guru : tentunya, minggu depan….
Murid : hmmmmm….
Guru : nah, demikianlah anak-anak materi kita pada hari ini.
Sebelum pulang, ibu akan coba mengulas kembali materi yang baru kita pelajari.
Apa alat musik tradisional nusantara, dari sulawesi contohnya apa?
Murid : kulintang bu’
Guru : kalau alat musik dari NTT?
nila : sasando bu…
Guru : pinter, kalau dari jawa?
azam : angklung bu…
murid : huuuuu,,,,, salah…. Rebanna…
Guru : sip… pinter-pinter semua… kalimantan?
Anang : sampek bu…

Keterampilan memberikan penguatan
Guru : bagus sekali beri tepuk tangan untuk kalian semua yang dapat menjawab pertanyaan ibu dengan benar, ternyata kalian semua pintar-pintar yah…. Pasti kalian sering ke warnet yah???
Murid :hahahaha,,, iya bu… fb an
Guru ; kalian boleh ke warnet asal jangan Cuma fb an, kalian kalau sebang buka internet liat blognya ibu di situ banyak sekali bacaan-bacaan yang berguna untuk kalian dan akan menambah pengetahuan

Keterampilan menutup.
baiklah, cukup sekian materi hari ini, jangan lupa tugasnya untuk minggu depan dan jngan lupa kalian pelajari materi ini tadi dengan sungguh-sungguh ya di rumah
Murid : ok bu…
Guru : baik. Selamat siang anak-anak, dan Wassalamualaikum Wr. Wb.
Murid : Waalaikumsalam Wr. Wb. Selamat saing juga bu….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s